Hati-hati Bila Kelamaan di Ruang Ber-AC

1 Aug 2013

Ruang ber-Air Conditioner (AC) memang menyejukan dan nyaman dikala diluar panas matahari terlihat sangat menyegat dan serasa bakal membunuh kulit kita yang rentah akan sinar matahari yang terik. Tidak hanya kita, banyak orang yang memang sangat menyukai ruang ber-AC. Namun kita harus tahu bahwa semakin lama kita menghabiskan waktu di ruang ber-AC semakin menurun juga ketahan tubuh kita terutama untuk bagian kulit akan panas teriknya matahari.Selain itu semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk berteduh dan beraktifitas dalam ruangan ber-AC ternyata tidak sehat untuk tubuh kita.

Dr. Gauri Mankekar selaku salah satu konsultan bedah THT di rumah sakit Hinduja pada Times India menyatakan bahwa AC dapat membuat lendir pada hidung dan mulut kering. Tidak heran bila kita melihat banyak orang yang bibirnya kering bila mereka kelamaan di tempat ber-AC. Kok, bisa kering padahal AC seharusnya lembab? Nah masalahnya udara yang diberikan AC itu sebenarnya udara dingin yang kering bukannya lembab. Lembab jika air ac bocor.

Jaga Tubuh Tetap Sehat di Dalam Ruang Air Conditioner

Tubuh kita membutuhkan kelembapan terutama untuk bagian hidung dan tenggorokan. Nah untuk menjaga agar tubuh tetap kuat walaupun bekerja lama di ruang ber-Air conditioner:

  • air conditioner kantor

    air conditioner kantor

    Jangan meluluh di ruang ber-AC, sempatkan diri untuk pergi ke luar agar mendapat udara segar. Bila dibandingkan dengan ruang ber-AC, saat kita di luar ruangan ternyata sel darah putih kita bekerja lebih efektif dan tubuh kita mendapatkan asupan oksigen yang lebih banyak. Pada saat istirahat coba jangan makan di ruang ber ac.

  • Usahakan jangan mengenakan pakaian yang tipis. Kenakan jaket, pashmina, syal, blazer atau outwear lainnya yang dapat membantu mengurangi dingin yang menusuk. Semakin dingin tubuh semakin cepat dehidrasi dan semakin cepat juga kelembapan tubuh berkurang.
  • Konsumsi air putih dengan jumlah yang banyak. Pada saat kita berada di ruang dingin, kita perlu memperbanyak konsumsi air putih untuk memastikan tubuh kita tidak kekurangan cairan. Hal ini juga sama ketika kita berada di tempat yang panas terik. Jangan sampai kelembapan tubuh menghilang.
  • Kecilkan suhu AC hingga 24 -25 cercius. Usahakan jangan menyalahkan AC di bawah 20 cercius. Memang pas awalnya tidak terasa, namun seiring berjalannya waktu; kita akan semakin merasa kedinginan.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kebugaran tubuh. Imun tubuh yang menurun bisa menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit.
  • Jangan lupa sarapan karena sarapan membantu metabolism dan memberikan energi pada tubuh sebelum menghadapi ruang dingin.

Yang pasti hati-hati jika di ruang ber air conditioner. hm-


TAGS air conditioner gaya hidup hidup sehat


-

Author

Follow Me