Data Center Limbah Baru Microsoft

18 Sep 2013

Microsoft mengumumknakan bahwa proyek pembangunan data center baru di Wyoming. Dengan moto Tidak akan Membiarkan Sesuatu Sia-Sia, Microsoft berencana data center baru ini akan menggunakan sumber energi dari limbah. Data Center limbah baru Microsoft ini disebut DATA PLANT yang direncanakan akan benar benar independent karena DATA PLANT ini akan dapat mendaur ulang limbah sendiri dan mengubahnya menjadi sumber energi.

data center Microsoft

data center Microsoft

Microsoft memang sudah berkomitmen untuk mengembangkan pusat layanan data yang lebih efisien dan terus menerus untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat sejak tahun 1994. Sean James, Microsoft Senior Research Program Manager pada blog Microsoft menuliskan bahwa dengan adanya data center baru ini, Microsoft dapat mengurangi emisi karbon dengan menggunakannya sebagai sumber energi.

Proyek dengan budget $ 5.500.000 ini bertujuan menyediahkan layanan cloud secara berkelanjutan sambil dilakukannya riset untuk menemukukan metode baru agar bisa menyediahkan sumber data yang bersih dan efisien untuk pusat data lainnya. Jika proyek ini berhasi, Microsoft berharap bisa menunjukan potensi daur ulang dan menggunakan biogas alam seperti metana sebagai sumber energi alternatif baru.

James menegaskan bahwa dengan penelitian Cheyenne dan perkembangan proyek, tim Microsoft semakin dekat dengan visi yang ingin dicapai yaitu pusat data yang efisien dan tidak menghasilkan CO2. Pada akhir 18 bulan percobaan, Microsoft berencana mendonasikan tanaman tanaman dari Wyoming kepada kota Cheyenne dan Universitas Wyoming untuk penelitian lebih lanjut.

Pusat Data ini tidak akan beroperasi dengan menggunakan jaringan listrik lokal dari pemerintah maupun dari ganset. Sumber energi baru telah tercipta dengan bantuan mesin FuelCell Energy yang menggunakan energi biogas. Gimana data center ini akan bekerja ? secara praktisnya, Fasilitas Microsoft ini akan beroperasi dengan cara:

  • Sistem pipa akan mengekstrak metana dari air limbah
  • Hasil ekstrak akan dibersihkan dan kemudian disaluarkan ke dalam sebuah fuel cell
  • Di dalam fuel cell aka nada proses kimiawi dimana ekstrakan biogas tersebut akan diubah menjadi listrik
  • Listrik akan disalurkan ke bagian bagian data center yang memerlukannya

Limbah pada umunya adalah percampuran dari air, kotoran, tanaman dan lain lain. Daily Tech menjelaskan ketika limbag masuk ke pengolahan dan tertangkap oleh filter; limbah tersebut akan secara perlahan melepaskan karbon dioksidan dan metana karena bakteri. Dengan mengabungkan metana fuel cell, listrik dan panas akan tercipta. Oleh sebab itu gas metana akan diserap ke dalam fuel cell.


TAGS dara center


-

Author

Follow Me