Membangun Networking Untuk Bisnis

24 Sep 2013

Dalam membangun bisnis, salah satu hal yang sangat penting yang sering dilupakan orang adalah membangun networking. Membangun networking yang baik dengan para calon pelanggan dapat membantu meningkatkan loyalty pelanggan dengan bisnis Anda. Jangan pernah berpikir bahwa sebuah jaringan networking itu terjadi secara instan, Anda perlu membangun kepercayaan dan tentu waktu yang diperlukan tidaklah sebentar.

Tips Membangun Networking untuk Membangun Bisnis

Berikut ini 5 tips membangun networking untuk membangun bisnis dari Sharon Michaels untuk Majalah Forbes:

Mengerti dengan jelas target market Anda

Sediakan waktu untuk melakukan penelitian siapa target market Anda dan acara apa yang paling banyak diikuti mereka. Setelah mengetahui target market Anda secara pasti, saatnya Anda mencari dan memilih sebuah acara di mana Anda bisa membangun networking dengan target market Anda secara langsung. Anda bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan orang untuk memperkenalkan Anda sehingga Anda bisa dengan mudah ikut dalam acara tersebut dan mulai membangun pembicaraan.

Tujuan Anda membangun Networking

membangun bisnis dan networking

membangun bisnis dan networking

Anda harus memahami dengan baik bagaimana Networking yang akan/sedang dibangun oleh Anda cocok dengan rencana membangun bisnis Anda. Apa tujuan Networking Anda? Gimana cara Anda mengukur keberhasilan Networking? Jangan hanya melihat Networking dari sisi biasa. Ketahui apa yang Anda ingin capai dan bagaimana cara mencapainya.

Tahu nila plus yang bisa ditawarkan

Tanyakan pada diri Anda, Kenapa orang lain ingin menjalin hubungan Networking dengan Anda? Networking bukan hanya berbicara tentang apa yang akan Anda dapatkan tetapi juga apa yang bisa diberikan Anda pada mereka. Carilah apa yang Anda bisa tawarkan. Networking dapat menjadi marketing yang efektif bila saling menguntungkan.

Diperlukan usaha dalam membangun Networking

Anda harus tahu apakah jaringan Networking yang sedang dibangun ini akan berhasil atau menghabiskan waktu Anda secara percuma. Tujuan pertama membangun sebuah Networking tentu saja membangun hubungan saling percaya dan hubungan bisnis yang dihargai setiap orang yang ada dalam jaringan Networking tersebut. Sangat penting bagi Anda untuk mengusahakan dan menyediahkan waktu untuk membangun jaringan ini.

Hubungan harus saling menguntungkan

Biarkan orang dalam Networking Anda tahu bahwa Anda mau membantunya untuk sukses? Cara ini sangat sangatlah efektif karena menujukan bahwa Anda tidak memetingkan diri sendiri saja tetapi juga teman teman yang ada di dalam networking. Jangan lupa untuk maintain hubungan Anda.

Networking penting dalam proses membangun bisnis.


TAGS membangun bisnis


-

Author

Follow Me