Menjaga Agar Sendi Sehat

30 Sep 2013

Nyeri sendi bukanlah sebuah penyakit yang ringan. Ketika penyakit ini menyerang, penderita bisa menjadi begitu sangat menderita karena persendian-persendian mereka terasa seperti terprintir dan ditusuk-tusuk. Meminimalis serangan pada sendi dan mencegah munculnya penyakit pada sendi, kita harus melakukan beberapa pencegahan.

Pencegahan dan Meminimalis Nyeri Sendi

Untuk mencegah dan meminimalis nyeri pada persendian, kita harus menjaga agar sendi sehat. Cara menjaga sendi tetap sehat ada 2 cara yaitu

Makanan Pencegah dan Meminimalis Nyeri Sendi

Makanan merupakan sumber energi untuk tubuh. Jadi bisa dibilang makanan itu penting agar kita bisa bertahan hidup. Selain untuk bertahan hidup, makan juga memiliki nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah dan mengurangi penyakit persendian. Berikut ini makanan untuk mencegah dan meminimalis penyakit sendi:

  • makanan nyeri sendi

    makanan nyeri sendi

    Ikan Salmon mmerupakan ikan dengan sumber nutrisi yang kaya akan vitamin D dan Omega 3. Vitamin D bisa membantu meredahkan rasa nyeri pada persendian. Pengkonsumsian secara teratur bisa meminimalis munculnya serangan sakit pada persendian.

  • Minyak zaitun merupakan minyak sehat yang banyak digunakan dalam proses diet. Kandungan polifenol pada minyak zaitun dapat mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh seperti peradangan pada persendian. Pada saat penyakit sendi menyerang, biasanya pada bagian persedian yang sakit akan membengkak dan minyak zaitun datang sebagai solusinya.
  • Makanan dengan kandungan Vitamin C seperti keluarga beri (strawberry, blueberry, dan lainnya), jeruk, pepaya, paprika merah, brokoli, kiwi dan jambu biji membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C membantu penyembuhan dari dalam tubuh ketika menghadapi beberapa penyakit.

Olahraga untuk Mencegah dan Meminimalis Penyakit Sendi

Berikut ini beberapa olahraga untuk mencegah dan meminimalis penyakit sendi:

  • yoga

    yoga

    Isometric merupakan salah satu olahraga peregangan ringan dan cocok untuk penyakit sendi. Isometric merupakan olahraga peregangan yang sering dilakukan sebelum memulai olagraga / kegiatan yang akan memberatkan otot dan persendian.

  • Thai Chi merupakan sebuah olahraga yang sering dilakukan bangsa china. Olahraga ini membantu meningkatkan kelenturan tubuh, sendi dan otot. Olahraga ini tersusun dari berbagai gerakan yang penuh kelembutan sehingga tercipta ketenangan hati serta keseimbangan antara keleturan otot dan sendi.
  • Yoga merupakan sebuah olahraga yang menitik beratkan meditasi dengan memusatkan seluruh pemikiran untuk mengotrol semua panca indra. Pastinya pernah nonton film EAT PLAY LOVE dimana tokoh utama ceweknya belajar Yoga sampai ke India. Tidak perlu jauh jauh dengan video di YouTube kita sudah mempelajari Yoga. Gerakan Yoga ternyata dapat membuat tubuh relax sehingga ketegangan pada sendi berkurang, memperkuat otot, membantu membuang toxin lebih cepat, meningkatkan stamina dan lainnya.

Semoga artikel menjaga sendi tetap sehat agar menghindari dan mengurangi nyeri sendi ini dapat membantu. hm-


TAGS nyeri sendi


-

Author

Follow Me