Jenis Pisau Dapur (1)

11 Oct 2013

Salah satu peralatan rumah tangga yang harus ada di dapur adalah pisau. Tanpa Pisau, kita akan mengalami kesusahan dalam memotong daging, ikan, buah dan sayur. Merek tidak menentukan kualitas sebuah pisau. Banyak merek merek terkenal juga menjual pisau berkualitas rendah dengan harga tinggi. Perlu diketahui bahwa pisau memiliki banyak jenis jadi jangan sembarang membeli tanpa tahu kegunaan mereka.

Jenis Pisau Dapur Perlengkap Peralatan Rumah Tangga Anda

Pisau dapur yang digunakan setiap tempat berbeda-beda. Untuk Asia, biasanya cukup 2 pisau yaitu pisau cleaver meat untuk memotong daging yang tebal dan 1 chef knife untuk memotong sayur, mengupas dan memotong daging yang tipis. Cleaver meat merupakan pisau yang banyak digunakan oleh koki koki di negara bamboo (Cina). Berbeda dengan kebudayaan barat yang memperkenalkan lebih dari 2 jenis pisau. Berikut beberapa jenis pisau dapur yang ada:

  • perlengkapan rumah tangga pisau

    Peralatan Rumah Tangga pisau

    Pisau serba guna - All-purpose unitility Knife (13 cm / 5 inci) dapat digunakan untuk segala jenis bahan makanan. Pisau ini merupakan pilihan pertama untuk daftar pembelian peralatan rumah tangga karena pisau ini dapat melakukan banyak hal.

  • Chef’s Knife memiliki panjang antara 20-23 cm . 7.8 9 inci. Pisau ini bisa digunakan untuk memotong, mengiris dan cincang. Boleh dibilang pisau ini hampir bisa memotong semua bahan makanan jadi tidak heran bila pisau ini adalah masuk daftar pilihan ke-2. Jenis pisau ini sebenarnya paling cocok untuk mengiris.
  • Pisau khusus untuk sayuran dinamakan Vegetable atau Paring Knife. Kisaran ukuran pisau ini adalah 8cm/3 inci. Ukurannya yang kecil dan ramping mempermudah kita untuk mengupas buah dan sayuran (kentang). Selain mengupas, pisau ini juga bisa digunakan untuk memotong.
  • Bread Knife merupakan pisau khusus untuk kue. Pisau jenis ini biasanya digunakan untuk memotong kue basah dan roti. Selain kue, sebenarnya pisau ini bisa digunakan untuk memotong buah dan tomat. Pisau ini memiliki ukuran yang panjang dibandingakn pisau lainnya. Perlu diingat bahwa pisau yang digunakan untuk mengoles selai dan mentega itu bukan termasuk pisau dapur.
  • Cleaver meat bisa dibilang golok pendek yang biasa digunakan oleh para koki Cina. Pisau ini lebih lebar sehingga dia terlihat gemuk dibandingan pisau lain. Pisau ini sangat cocok untuk memotong daging tebal atau bertulang. Kebanyakan orang menggunakan pisau ini untuk memotong ayam. Dengan badannya yang lebal, pisau ini bisa digunakan untuk memarkan bawang. Selain itu, pisau ini juga bisa digunakan untuk
  • Filleting knife merupakan pisau khusus untuk memfilet ikan. Hanya dibutuhkan bila kita memang benar benar mau memfilet ikan. Ukurannya biasanya4, 6, 7.5 dan 9 inci.
  • Boning Knife merupakan pisau yang berfungsi untuk memisahkan daging dengan tulang. Bisa digunakan untuk daging maupun ikan. Pada umunya ukuran pisau ini adalah 12 17 cm (5 6.5 inci). Pisau ini tidak tebal sehingga mudah mencapai bagian bagian sempit di antara tulang dan daging.
  • Slicing Knife adalah pisau serba guna yang hampir sama dengan Chefs Knife. Perbedaanya adalah Slicing Knife berukuran lebih kecil dan tipis. Dikarenkan tipis maka pisau ini bisa mengiris setipis mungkin. Sangat cocok untuk mengupas buah dan mengiris daging.

Sudah tahu jenis pisau apa saja yang ingin di masukan dalam daftar belanja peralatan rumah tangga? Sebenarnya masih ada jenis pisau lainnya yang akan dibahas lagi. hm-


TAGS peralatan rumah tangga pisau dapur


-

Author

Follow Me