Sewa Genset Untuk Mengatasi Krisis Listrik

28 Oct 2013

Sudah banyak media online yang memberitakan bahwa PLN akan sewa genset untuk beberapa daerah. Sewa genset untuk mengatasi krisis listrik memang sudah sering terjadi di Indonesia. Salah satu daerah yang perlu genset tambahan adalah wilayah Sumatera. Pemadaman listrik sudah menjadi makanan sehari hari bagi wilayah Sumatera.

Kekurangan sumber tenaga listrik ini bisa terjadi karena ada mesin PLN yang mengalami kerusakan. Bila kemarin bagian Sumatera Utara, sekarang Riau. Salah satu mesin PLN rusak sehingga sumber tenaga listrik menjadi kurang.

sewa genset

sewa genset

Saat ini listrik yang bisa diberikan PLN hanya bisa sebesar 350 Megawat padahal listrik yang dibutuhkan untuk menerangi seluruh rumah di Riau adalah sebanyak 450 Megawat. Jadi bisa dibilang kurang 100 Megawat lagi. Kekurangan sumber tenaga listrik ini semakin terasa ketika musim bergantu menjadi musim kemarau. Akhirnya PLN terpaksa melakukan pemadaman bergilir pada saat siang hari agar semua tempat mendapatkan asupan yang fair. Sedangkan untuk malam hari, PLN masih mampu memasoknya.

Untuk mengatasi masalah ini (pemadaman bergilir ini), mau tak mau PLN harus sewa genset dari pihak lain. Kebanyakan PLN menyewa mesin genset yang berasal dari Singapure atau Timur Tengah. Kapasitas genset yang disewa tentu saja sangat beragam. Riau berencana menyewa mesin genset dengan kapasitas 50 Megawat sedangkan daerah Sumatera lainnya memerlukan genset dengan kapasitas 150 Megawat.

Mesin genset yang disewa harus memiliki kapasitas yang lebih besar daripada dibutuhkan. Hal ini biar ada cadangan listrik yang lebih dan tidak pas pasan. Kalau pasokan pas-pasan, takutnya ketika ada penambahan pelanggan atau salah satu mesin rusak, PLN masih memiliki cadangan listrik yang bisa digunakan.

Keuntungan Sewa Genset

Beberapa keuntungan dari menyewa genset

  • Harga sewa memang lebih murah daripada harga beli (untuk penggunaan periode singkat / sempit alias jangka pendek)
  • Tidak perlu biaya maintance karena geset itu adalah genset sewaan bukan beli
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya memperkerjaan seseorang untuk memaintance genset
  • Mesin genset bisa dibalikan ketika mesin sumber listriknya sudah diperbaiki atau kebutuhan listrik tidak meluap lagi

Semoga kedepannya negara kita tidap perlu sewa genset lagi atau sewanya dengan perusahaan genset Indonesia.


TAGS sewa genset


-

Author

Follow Me