Memilih Program Point of Sales

31 Oct 2013

Program point of sales atau POS merupakan program yang digunakan untuk mencatat setiap biaya yang masuk dan keluar. Dengan adanya program ini, tentu akan sangat membantu para pembisnis terutama untuk bisnis retail. Keuntungan apa aja yang bisa diterima dengan menggunakan POS?

  • Meminimalkan human error
  • Semua transaksi tercatat dengan rapi sehingga bisa dipertanggung jawabkan
  • Mudah mengetahui produk yang tersisa
  • Lebih mudah menghitung keuntungan yang didapat
  • Bisa membuat report untuk para petinggi dengan cepat dan rapi karena datanya sudah tersedia

Tips Memilih Program Point of Sales

Untuk mendapatkan POS yang tepat mungkin bisa mengikuti beberapa tips memilih program point of sales berikut ini:

Fitur

program point of sales

program point of sales

Cari berbagai POS yang ditawarkan. Sekarang sudah banyak program POS yang ditawarkan dan tentu fitur fitur yang ditawarkan juga berbeda beda. Namun jangan hanya melihat dari total jumlah fitur yang disediahkan. Pastikan bahwa fitur POS yang ditawarkan memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak berarti semakin banyak fitur yang ditawarkan akan cocok digunakan untuk bisnis Anda. Perlu diingat bahwa semakin banyak fitur berarti harga POS akan semakin mahal. Jadi pilih POS dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

Istilah

Pastikan POS yang dipilih sudah lengkap istilah sesuai bisnis Anda. Bila bisnis retail berarti istilah istilah tersebut harus ada didalam POS yang akan Anda beli. Pastikan pembuat software POS Anda tahu serta mengerti alur bisnis Anda dan istilah istilah yang Anda gunakan agar nanti POS Anda memang bisa benar benar digunakan untuk bisnis Anda.

Software House

Bila Anda membeli program POS yang lansung jadi, Anda harus berhati-hati karena bisa saja POS yang ditawarkan beberapa software house belum sempurna (masih ada cacat-cacat). Banyak software yang ternyata dibuat oleh programmer pemula untuk menyalurkan hobi mereka sekalin untuk mencari uang padahal mereka belum paham betul dalam pengkodingan, aluran usaha dan istilah bisnis sehingga terjadilah error, perhitungan salah dan macet.

Jadi berhati hatilah dalam memilih software house. Pastikan software house yang Anda pilih

  • Mau membetulkan bug / error dengan cepat (bertanggung jawab)
  • Mengerti alur bisnis dan istilah bisnis Anda
  • Mudah dihubungi ketika ada masalah

Harga

Harga mencerminkan kualitas merupakan kata-kata yang sering kita dengar namun ternyata itu bisa digunakan dalam hal ini. POS yang bagus biasa emang dihargai lebih mahal. Namun tidak tertutup kemungkinan juga POS mahal juga bagus. Ya setidaknya harga bisa menjadi hal yang dipertimbangkan untuk menyeleksi POS yang diinginkan.

Semoga artikel ini membantu dan sampai jumpa di artikel program point of sales lainnya. hm-


TAGS program point of sales


-

Author

Follow Me