Kiat Memilih Mesin Cuci Untuk Rumah

7 Dec 2013

Jangan sampai Anda salah membeli mesin cuci. Anda harus memperhatikan dengan seksama apa kebutuhan Anda, fitur yang ditawarkan dan karakteristiknya. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang secara percuma untuk membeli sebuah mesin cuci yang bukannya meringankan melainkan memberi beban tugas baru buat Anda.

Tips Memilih Mesin Cuci

Gimana cara memilih mesin cuci yang tepat? Berikut beberapa kiat yang bisa digunakan:

Tentukan Budget

Seberapa banyak budget yang Anda sediahkan untuk membeli sebuah mesin cuci. Untuk mendapatkan barang yang berkualitas tentu uang yang dikeluarkan pun harus tinggi. Ingat bahwa mesin cuci adalah investasi jangka panjang, jangan sampai membeli hanya karena murah bukan karena kualitas.

Tempat untuk Meletakan Mesin Cuci

mesin cuci

mesin cuci

Pastikan Anda memiliki atau menyediahkan tempat khusus untuk meletakannya. Posisi peletakannya harus strategis alias dekat dengan keran air, colokan listrik dan tempat pembuangan air. Setelah menyediahkan tempat untuknya, pastikan Anda membeli mesin cuci dengan ukuran yang sesuai dengan tempat yang Anda sediahkan.

Sistem Front atau Top Loading

Pada umumnya mesin cuci dibagi menjadi 2 yaitu mesin cuci dengan pintu depan dan atas. Hal ini jangan diangat sepele karena kualitas pencuciannya berbeda. Mesin cuci front dan top loading memiliki keunggulan serta kelemahannya masing masing. Ada baiknya meminta salesnya untuk menjelaskannya kepada Anda.

Kapasitas Mesin Cuci

Semakin banyak orang di rumah berarti semakin besar kapasitas mesin cuci yang harus kita pilih. Kapasitas ini berbicara berapa banyak pakaian kotor yang bisa dimasukan dalam 1 periode pencucian. Jika Anda tinggal hanya berdua, mesin cuci dengan kapasitas 6 kilogram sudah cukup.

Otomatis atau Semi Otomatis

Saat ini dipasaran, mesin cuci memiliki 2 sistem yaitu otomatis dan semi otomatis. Otomatis memang lebih mudah digunakan karena pemiliknya hanya perlu memasukan baju, menutup pintu dan mengatur kerjanya menggunakan tombol. Untuk semi otomatis, pemiliknya harus membuang dan mengisi air secara manual, memindahkan pakaian dari tabung cuci ke tabung pengering dan lainnya.

Untuk meringankan pekerjaan ibu rumah tangga, sangat disarankan menggunakan mesin cuci otomatis. Hal ini dikarenakan sistem otomatis dapat ditinggal dan ibu bisa melanjutkan mengerjakan hal lainnya seperti menyapu, mencuci piring atau menonton sinetron.

Garansi dan Servis

Harus dipastikan ada sistem garasi dan tempat servisnya mudah dijangkau sehingga bila ada apa-apa, masalahnya lebih mudah diselesaikan. Perlu diingat, jangan mencoba reparasi sendiri tetapi mintalah jasa ahli apalagi ketika masih ada garansi.

Semoga tips memilih mesin cuci ini membantu. hm-


TAGS mesin cuci perabot rumah


-

Author

Follow Me