Sejarah Singkat Sharp Indonesia

14 Mar 2014

Sharp merupakan salah satu produsen peralatan elektronik terbesar di dunia. Sharp menyediahkan peralatan elektronik rumah tangga seperti mesin cuci, lemari es, rice cooker, led tv, air conditioner dan peralatan lainnya. Bisa dibilang perjalanan Sharp dalam bisnis ini cukup panjang. Setidaknya tahun ini (2014), perusahaan sharp Indonesia sudah berumur 45 tahun. Bisa dibilang sejarah Sharp Indonesia singkat namun padat.

Sejarah Perusahaan Sharp Indonesia

Awal Sejarah Sharp Indonesia

sharp indonesia

sharp indonesia

Pada mulanya, Sharp Indonesia bernama PT Yasonta. PT Yasonta ini didirikan oleh Bapa Mertua R. Panggabean dan Bapak Jauw Tjong Kie. Tahun berdirinya perusahaan ini adalah 1969. Lalu pada bulan juni 1970, Sharp Corpoeration menawarkankan kerja sama dengan PT Yasonta yang tentu disambut baik. Dengan adanya kerja sama ini, PT Yasonta menjadi agen pemasaran sekaligus pabrik perakitan produk Sharp Corporation untuk negara Indonesia. Pada saat itu, produk Sharp yang dijual adalah audio dan tv.

Pabrik Perakitan Pertama Sharp di Indonesia

Untuk memenuhi perjanjian kerja sama tersebut, PT Yasonta membangun pabrik perakitan Sharp pertama yang didirikan di daerah Jakarta Timur. Luas area pabrik tersebut adalah 89.367 m2. Setelah pabrik selesai, PT Yasonta mulai memperoduksi TV. Pda tanggal 11 Maret 1971, PT Yasonta berhasil memproduksi sebuah TV hitam putih. Seiring perkembangan teknologi, PT Yasonta berahli memproduksi TV berwarna pada tahun 1975.

TV yang diproduksi ternyata membuat nama PT Yasonta. Agar tidak kewalahan dalam memasarkan produk yang dihasilkan akhirnya PT Yasonta memutuskan untuk mendirikan sebuah anak perusahaan. Anak perusahaan tersebut memiliki pekerjaan utama untuk menunjang pemasaran produk. Nama anak perusahaan ini adalah Firma Teladan.

Munculnya Nama Sharp Indonesia

Pada tanggal 1 juli 1994, PT Yasonta dan Sharp corp akhirnya joint venture. Dengan adanya Join Venture ini, nama PT Yassonta berubah menjadi PT Sharp Yasonta Indonesia. Pada bulan desember 1994, PT Sharp Yasonta Indonesia mendirikan 2 anak perusahaan yaitu:

  • PT Sharp Yasonta Antarnusa = pemasaran dan penjualan produk.
  • PT Panadian Eka Jaya = layanan servis after share untuk produk Sharp, PT ini ditutup pada tanggal 1 Mei 2002 dan perkerjaannya diambil ahli oleh PT Sharp Yasonta Antarnusa

Perubahan nama PT Sharp Yasonta Antarnusa menjadi PT Sharp Electronic Indonesia atau dikenal dengan nama Sharp Indonesia ini terhadi pada tanggal 1 Mei 2005. Pergantian nama ini ditandai adanya merger PT Sharp Yasonta Antarnusa dan PT Sharp Yasonta Antarnusa. Dengan Mergernya perusahaan ini, bukan membuat performance Sharp turun melainkan nama Sharp semakin terkenal. Sekarang bukan hanya TV dan audio saja yang dijual tetapi juga air conditioner, mesin cuci dan peralatan elektronik lainnya.


TAGS sharp indonesia


-

Author

Follow Me