Jenis Pisau Dapur - Pada Umumnya (2)

11 Apr 2014

Sebelumnya kita sudah membahas jenis pisau dapur (1), sekarang kita masuk ke artike ke-2. Dan tentu artikel ke-2 dan selanjutnya akan lebih spesifik dalam membahas peralatan dapur ini, pisau. Pisau merupakan salah satu peralatan dapur yang harus ada di dapur. Tanpa pisau, pastinya kita akan susah dalam melakukan kegiatan untuk membuat masakan seperti mengupas, memotong atau mengiris.

Pisau yang Paling Umum Digunakan Sebagai Peralatan Dapur

Berikut ini daftar beberapa jenis pisau dapur (2) yang paling umum digunakan sebagai peralatan dapur di restoran maupun dapur rumah:

Chefs Knife

peralatan dapur - pisau

peralatan dapur - pisau

Biasanya disebuh juga sebagai pisau khusus juru masak atau pisau Perancis. Pisau ini merupakan pisau serba guna. Dengan kelengkungannya, pisau ini memungkinkan penggunanya untuk memotong dan mengiris di atas talenan dengan mudah saat digunakan. Bidang badan pisau yang cukup luas dan berat membuat pisau ini dapat memotong tulang-tulang kecil. Pada umunya pisau jenis ini tersedia pilihan dengan ukuran antara 15 cm (6 inci) dan 30 cm (12 inci). Walaupun begitu ukuran 20 cm (8 inci) merupakan ukuran pisau chefs knife yang paling banyak ditemukan.

Pisau Paring

Paring merupakang pisau pengupas yang bentuknya kecil. Dengan ujung pisaunya yang lancip sangat ideal untuk mengupas dan mengiris yang membutuhkan teknik rumit dan detail. Contoh mengiris / mengupas yang perlu teknik rumit dan detail adalah mengeluarkan saluran pembuang pada udah, membuang biji cabe. Pisau yang sangat cocok digunakan untuk memotong sayur dan buah. Biasanya ukuran pisau ini antara 6 cm (2 inci) dan 10 cm (4 inci).

Pisau Utility

Pisau Utility merupakan pisau dengan ukuran yang tidak lebih besar dari Chefs knife dan tidak lebih kecil dari pisau pengupas (paring). Ukuran pisau ini antara 10 cm (4 inci) dan 18 cm (7 inci). Jenis pisau ini memang tidak sepopuler pisau pengupas dan Chefs Knife. Ketidak popularannya disebabkan ukurannya yang terlalu pendek dan tidak efesien dalam membersihkan bahan makanan, terlalu rapuh untuk digunakan untuk memotong bahan makanan yang tebal dan kontrolnya agak susah.

Pisau Roti

Pisau roti adalah pisau bergerigi yang dapat digunakan untuk memotong roti. Pisau ini bergerigi agar roti tidak hancur ketika dipotong. Ukuran pisau roti antara 15 cm (6 inci) dan 25 cm (10 inci).

Pisau Butter

Pisau butter atau pisau mentega merupakan pisau tanpa ada sisi tajam. Pisau ini berfungsi untuk mengoleskan mentega atau selesai pada roti.

Semoga artikel informasi mengenai peralatan dapur pisau ini dapat membantu.


TAGS peralatan dapur jenis pisau pisau dapur


-

Author

Follow Me