Karakteristik Asuransi Jiwa Term Life

16 May 2014

Asuransi jiwa jenis term life bisa dibilang jenis asuransi yang sudah usang alias tua banget. Banyak perusahaan asuransi yang menghilangkan jenis asuransi ini dari daftar produk jualan mereka dikarenakan preminya yang kecil. Padahal asuransi ini ternyata masih dicari. Kenapa orang masih mencari asuransi ini? Asuransi term life adalah asuransi jiwa murni. Bisa dibilang premi klaimnya bisa membantu keberlangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada pemilik polis.

Karakter Asuransi Term Life

Mencari produk asuransi term life bisa dibilang tidak gampang untuk saat ini dikarenakan semakin banyak perusahaan yang mengajarkan karyawaannya untuk menjual asuransi lain yang preminya lebih tinggi. Semakin tinggi sebuah premi, semakin tinggi bonus karyawan yang didapat. Nah, beberapa karyawan asuransi malahan tidak begitu mengerti mengenai asuransi term life karena perusahaan asuransi tempatnya bekerja tidak menjelaskan dengan rinci mengenai produk asuransi ini.

Agar kita tidak salah menduga asuransi lain sebagai asuransi term life, berikut beberapa karakteristik asuransi jiwa term life yang perlu kita ketahui:

Masa Pertanggungan Limit alias Terbatas

asuransi jiwa term life

asuransi jiwa term life

Masa pertanggungan asuransi term life tidak sepanjang asuransi lain seperti asuransi kesehatan. Masa pertanggungan asuransi ini minimal 1 tahun dan maksimal 20 tahun. Berapa periode masa pertanggungan ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Jadi perlu diingat bahwa maksimal masa pertanggungan asuransi ini adalah 20 tahun. Jika sampai ada yang menawarkan pertanggungan seumur hidup atau 99 tahun, kita patut curiga karena biasanya asuransi yang menawarkan pertanggungan dengan periode seperti ini bukanlah term life melainkan whole life.

Tidak ada Nilai Tunai

Apa itu nilai tunai? Nilai tunai adalah uang yang dikembalikan kepada kita ketika tidak ada klaim. Asuransi term life tidak memiliki nilai tunai artinya tidak ada pengembalian premi ketika hingga masa pertanggungan habis tidak ada klaim. Dengan tidak adanya nilai tunai ini lah salah satu yang mempengaruhi kenama harga asuransi term life murah.

Harga Asuransi Jiwa Term Life MURAH

Harga asuransi term life bisa dibilang lebih murah dibandingkan asuransi whole life seperti asuransi kesehatan. Kenapa bisa ? Semakin singat periode pertanggungannya maka akan semakin murah premi yang perlu dibayarkan. Selain periode yang dilihat, harga juga dipengaruhi oleh paket yang diambil serta nilai tunai yang diberikan.

Harga Premi Flat atau Berubah Setiap Tahun

Dalam asuransi jiwa term life ini, kita bisa memilih kenaikan jumlah premi yang dibayarkan. Ada 2 jenis kenaikan yaitu

  • Premi Flat = harga premi tetap sama untuk jangka beberapa waktu atau per periode
  • Premi Setiap Tahun (berubah) = harga premi yang setiap tahunnya naik

Semoga artikel informasi karakteristik asuransi jiwa term life ini dapat membanti kita semua lebih bisa membedakan asuransi ini dengan asuransi lainnya.


TAGS asuransi jiwa term life


-

Author

Follow Me