Hindari Penipuan Pengiriman Barang dari Luar Negeri

30 Oct 2014

pengiriman barang luar negeri

pengiriman barang luar negeri

Berbagi jenis penipuan online sudah bermunculan. Pada umumnya, para penipu tersebut akan menyakin korban bahwa korban telah memenangkan hadiah atau mendapatkan warisan. Dan untuk mendapatkan hadiah atau warisan tersebut, mereka perlu mentransfer sejumlah uang. Mereka akan beralasan bahwa uang tersebut digunakan untuk biaya kirim barang secara internasional atau biaya bea cukai.

Dan tidak sedikit korban yang tertipu dan mentransfer jumlah uang yang diminta. Mereka berpikir bahwa mereka tidak akan rugi karena hadiah atau warisan yang ditawarkan lebih berharga. Beberapa korban bahkan datang ke kantor Bea Cukai dengan surat lengkap untuk mengambil barang yang katanya ditahan oleh pihak Bea Cukai.

Gelagat Penipu yang Perlu Dicurigai

  • Mulai curiga pada orang yang meminta transfer uang ke rekening perorangan. Bila orang tersebut beralasan untuk bea cukai, perlu diketahui bahwa transfer untuk bea cukai harus menggunakan bank pemerintah dan rekeningnya atas nama Bendaharawan Kantor Bea Cukai.
  • Biasanya penipu akan memberikan waktu yang sangat singkat untuk mentrasfer uang. Dan dia akan membuat berbagai alasan bahkan tidak segan-segan mengeluarkan acaman seperti barangnya akan diberikan pada orang lain.
  • Kadang-kadang ada penipu yang bahkan meminta uang 2 kali dengan alasan adanya biaya tambahan mendadak dan uang tersebut harus ditransfer agar barang bisa dikirim.
  • Pada umumnya email penipuan akan muncul di email SPAM namun tidak tertutup kemungkinan email tersebut dapat ditemukan ke kotak masuk email. Kebanyakan email penipuan menggunakan nama asing dan alamat luar negeri.

Tips Mengindari Penipuan Pengiriman Barang dari Luar Negeri

  • Jangan mentransfer uang kepada pihak yang tidak kenal terutama rekening perorangan. Dan untuk belanja juga, pastikan belanja di toko online yang aman dan terjamin.
  • Jangan percaya dengan email dengan alamat luar dan nama luar yang mengatakan bahwa Anda memenangkan hadiah atau warisan padahal Anda tidak ikut udian dan tidak kenal orang tersebut.
  • Pastikan ada tracking code. Untuk pengiriman barang luar negeri, Anda bisa mengecek apakah barang tersebut melalui website bea cukai bandara Soekarno Hatta. Karena semua barang yang dikirim dari luar pastinya akan masuk ke bea cukai dan Anda bisa mengecek statusnya barang Anda di sana.

Berpikirlah dengan jernih dalam menghadapi penipuan, jangan sampai termakan bujukan dari mereka.Hen-


TAGS artikel info


-

Author

Follow Me