Bunga KPR Bakal Turun?

2 Nov 2014

Menurut artikel kompas yang ditulis Yoga Sukmana, suku bunga KPR diperkirakan akan turun pada awal tahun 2015. Yakin suku bunga KPR bakal turun? Keputusan yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam membatasi bunga deposito membuat suku bunga KPR di berbagai bank ikutan turun. Turunnya bunga deposito ini sudah mulai terjadi sejak bulan Agustus.

Eddy Hussy, selaku ketua Real Estate Indonesia (REI) menyabut kabar penurunan buga KPR ini dengan gembira. Hal ini karena Dia yakin dengan adanya penurunan ini akan berdampak positif pada pasar properti. Soalnya, dengan harga bunga KPR yang turun tentu semakin banyak yang tertarik untuk membeli rumah maupun apartemen. Dengan banyaknya permintaan properti akan semakin banyak, bakal banyak perumahan dan apartemen yang didirikan.

Dia menjelaskan bahwa suku bunga yang tinggi memang memberikan dampak yang cukup besar untuk ekonomi karena semakin kecil minta membeli properti. Soalnya siapa yang tidak akan berpikir 2 kali jika dihadapkan dengan bunga bank yang tinggi. Dan menurutnya kemungkinan efek ini dapat dinikmati pada awal tahun 2015.

Persiapan Membeli Properti 2015

  • kpr

    kpr

    Ada baiknya Anda mencari properti yang diincar sejak sekarang. Dampak bunga KPR turun ini memang bakal kerasa pada awal tahun 2015, tapi tidak ada salahnya membuat daftar properti yang diincar terlebih dahulu kan.

  • Selain membuat daftar properti yang diincar, tentu tidak ada salahnya melakukan survei via telp atau langsung untuk lebih tahu gimana keadaan properti tersebut.
  • Nego harga bisa dimulai pada akhir bulan desember jadi pas deal, Anda bisa mulai membayar dan mengurus KPR ke Bank sejak awal tahun 2015.
  • Dalam memilih Bank, pastikan Anda cek bunga KPR bank tersebut. Dan cari bunga KPR yang kecil agar cicilan yang perlu Anda bayar lebih sedikit. Pada saat melakukan survei bunga KPR, coba nego lagi apakah bunga tersebut bisa diturunkan.

Semoga artikel informasi ini dapat membantu. Sampai ketemu di informasi properti lainnya.


TAGS artikel info


-

Author

Follow Me