Manfaat Asuransi Syariah Hassana Berkah

6 Nov 2014

Asuransi menjadi suatu hal yang penting untuk menjamin kondisi finansial seseorang. Banyaknya pilihan asuransi membuat nasabah bebas menentukan asuransi apa yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Namun banyaknya orang yang masih merasa kurang yakin dengan cara kerja asuransi konvensional merasa ragu untuk mengikuti program asuransi, karena itulah ketika Asuransi Syariah diperkenalkan banyak yang merasa lebih yakin karena prinsip kerjanya disesuaikan dengan syariat islam. Sebenarnya kedua asuransi ini menawarkan manfaat yang sama, yaitu pertanggungan secara finansial ketika nasabah mengalami resiko, hanya saja kedua asuransi tersebut memiliki prinsip kerja dan pengelolaan uang yang berbeda.

Salah satu produk asuransi syariah yang dapat dipilih oleh nasabah yaitu Asuransi Syariah Hassana Berkah milik AIA Financial. Asuransi ini memberikan manfaat asuransi jiwa dan sekaligus manfaat investasi. Nasabah akan mendapatkan manfaat asuransi jiwa hingga nasabah berusia 80 tahun, sebesar 100% dari uang pertanggungan dan ditambahkan dengan manfaat investasi yang telah terbentuk. Manfaat lainnya yaitu tambahan nilai 100% dari UP jika nasabah meninggal akibat kecelakaan hingga nasabah berusia 70 tahun, sehingga total nilai yang dapat diterima nasabah mencapai 200% dari UP. Dan jika nasabah mengalami risiko meninggal akibat kecelakaan dalam transportasi umum atau perjalanan ibadah hingga usia 70 tahun, maka akan mendapatkan tambahan nilai sebesar 100% dari UP, jadi total yang akan di terima oleh ahli waris yaitu sebesar 300%.

Untuk manfaat investasi nasabah dapat memilih jenis investasi sesuai dengan tipe masing-masing nasabah, apakah yang mengandung resiko besar atau hanya sedikit beresiko. Untuk jenis investasi yang dipilih ada 3, yaitu:

  • Konservatif: Tipe investor yang tidak berani mengambil risiko, dan lebih memilih resiko paling kecil walaupun keuntungan yang diperoleh juga kecil. Uang akan diinvestasikan pada instrumen pasar uang yang didasarkan pada syariah, dengan tingkat pengembalian stabil namunn resiko rendah.
  • Moderat: Tipe investor ini lebih berani dibandingkan dengan konservatif dalam menghadapi risiko, hanya saja tetap bersikap sangat hati-hati saat melakukan investasi. Uang akan diinvestasikan pada saham syariah, pendapatan tetap dan pasar uang yang didasarkan pada syariah yang akan memberi pertumbuhan yang seimbang dan konsisten.
  • Aggresive: Tipe investor ini memegang prinsip high risk- high return, dan merasa tidak nyaman jika mengambil jenis investasi yang memberi pengembalian dengan nilai kecil. Uang akan diinvestasikan pada instrumen saham pada jakarta islamic index yang dapat memberi hasil pengembalian tinggi dengan risiko yang tinggi. (Yv)


TAGS asuransi syariah


-

Author

Follow Me