Mengenal Tonewood Gitar Akustik

19 Nov 2014

gitar

gitar

Tonewood merupakan istilah yang sering digunakan untuk mengacu pada kayu bahan pembuat gitar. Mengapa disebut tonewood? Ini karena setiap kayu (wood) yang digunakan dalam kontruksi gitar menghasilkan suara (tone) yang berbeda. Dalam gitar akustik sendiri, tonewood ini meliputi seluruh bagian gitar, yang biasanya dibagi menjadi dua bagian, yakni atas atau soundboard dan bagian belakang serta samping. Dua bagian terakhir biasanya dianggap sama karena sering dibuat menggunakan jenis kayu yang sama.

Lalu, seberapa berpengaruhnyakah bahan kayu tadi pada permainan gitar? Berikut ini beberapa hal bisa menjadi pegangan kita dalam memilih gitar akustik berdasarkan bahan pembuatnya atau tonewood, di antaranya:

Kayu Solid atau Laminated

Kayu solid berarti bagian atas atau top, belakang, serta sisi samping dari gitar tersebut berasal dari kayu yang sama. Sementara kayu laminated, berarti berasal badan dan bagian atas gitar berasal dari lapisan kayu yang dilaminating. Biasanya kayu dengan kualitas yang bagus dan mahal ditaruh pada bagian atas lapisan-lapisan kayu dengan kualitas yang tidak terlalu bagus dan murah.

Gitar dengan bahan kayu solid biasanya menghasilkan suara yang lebih jernih karena resonansinya yang lebih kuat, harganya pun biasanya mahal. Sementara pada gitar dengan kayu laminated, suara yang dihasilkan biasanya tidak jelas atau mendem, harganya pun lebih murah dibandingkan dengan gitar kayu solid.

Jenis Kayu Gitar

Jenis Kayi Gitar Laminated

Bagian Top

Beda bagian gitar, ternyata beda juga jensi kayu yang cocok digunakan untuk menghasilkan kualitas yang terbaik. Misalnya saja untuk bagian top, jenis kayu terbaik yang digunakan untuk bagian ini adalah kayu jenis Spruce Jerman (German Spruce) yang berasal dari pegunungan Alps di Eropa. Kayu jenis ini kaya akan nada low dan mid range. Kualitasnya pun diklaim akan lebih bagus seiring dengan umur dan intensitasnya dimainkan. Suara yang dihasilkan kayu Spruce biasanya lebih ceria dan jernih. Jenis kayu lain yang dianggap sebagai terbaik kedua untuk bagian top adalah kayu Cedar. Kayu jenis ini mudah dikenali dari warnanya yang cenderung merah-kecoklatan, berbeda dengan kayu Spruce dengan warnanya yang pucat. Kayu Cedar menghasilkan suara yang terkesa lebih hangat dan lebih cenderung ke suara-suara khas musik Spanyol.

Bagian samping, belakang, dan neck gitar

Kayu Mahogany atau Mahoni dianggap sebagai jenis kayu yang terbaik untuk bagian ini. Kayu Mahoni merupakan kayu yang kuat sehingga akan membuat gitar lebih awet. Selain Mahoni, jenis kayu lain yang juga cocok digunakan untuk bagian samping dan belakang adalah kayu Nato yang berasal dari Indonesia.

Jenis Kayi Gitar Gitar Solid

Beda lagi untuk gitar solid. Jenis kayu terbaik yang bisa digunakan untuk gitar dengan bahan kayu solid adalah kayu Ash yang berasal dari Amerika Serikat. Kayu ini memiliki sifat yang ringan namun mampu menghasilkan nada dengan kualitas yang mumpuni: nada tinggi yang jelas dan nada rendah yang warm. (raw)


TAGS artikel info


-

Author

Follow Me