Alat Laboratorium dan Fungsinya (Bagian 1)

20 Jan 2015

Dalam pelajaran IPA seperti Biologi, Fisika dan Kimia, kadang kala murid akan diajak ke laboratorium untuk melakukan uji coba. Bagi murid, laboratorium bagaikan dunia lain yang menakutkan namun sangat menarik untuk dijelajahi. Perasaan penasaran dan keingin \tauan mereka akan membuat mereka bertanya-tanya terutama untuk alat laboratorium yang tidak pernah mereka lihat sama sekali. Percaya atau tidak, kelas akan menjadi sangat gaduh dan berisik, dan Anda harus siap menjawab pertanyaan-pertanyaan kecil mereka

Daftar Alat Laboratorium Sekolah dan Fungsinya

Erlenmeyer

erlenmeyer

erlenmeyer

Erlenmeyer merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk menganalisa jumlah secara volume. Selain itu, alat ini juga bisa berfungsi sebagai penampung larutan dan pembiakan mikroba.

Gelas Beaker

gelas-beaker

gelas-beaker

Gelas beaker merupakan salah satu alat yang paling umum ditemukan di laboratorium. Banyak yang menyebut alat ini dengan nama gelas piala. Fungsi utama alat ini adalah sebagai alat penampung. Namun beberapa orang juga menggunakan sebagai wadah untuk mencampurkan bahan.

Gelas beaker tersedia dengan berbagai ukuran dari 25 ml 3 liter. Dan bahan yang digunakan untuk membuat alat ini adalah borosilikat. Karena bahan dasar pembuatnya, gelas beaker hanya bisa digunakan untuk menampung bahan kimia yang bersifat korosif.

Gelas Ukur

gelas ukur

gelas ukur

Seperti namanya, alat ini digunakan untuk menakar bahan dalam bentuk cairan. Alat ini tersediah dalam berbagai ukuran dari 10 2000 ml. Alat ini memiliki bentuk seperti pipa dengan bagian kaki yang dibuat lebar agar kokoh. Biasanya bahan baku pembuatan gelas ukur adalah bahan elas.

Buret

buret

buret

Buret merupakan alat yang berbentuk seperti silinder yang dilengkapi dengan skala ukuran volume dan kran. Alat ini digunakan untuk meneteskan jumlah cairan dalam sebuah eksperimen yang presisi seperti eksperimen titrasi. Alat ini dirancang meminimaliskan kesalahan manusia dalam soal keteliatian.

Cawan Petri

cawan-petri

cawan-petri

Alat ini berfungsi untuk membiakkan / kultivasi mikroorganis. Alat ini dibagi menjadi 2: bagian bawah sebagai wadah dan bagian atas sebagai penutup. Beberapa orang menggunakan alat ini untuk melakukan analisa dengan micro camera.

Semoga artikel informasi ini dapat membantu.


TAGS artikel info


-

Author

Follow Me