Indonesia Melek Internet

17 Jun 2015

Di masa informasi ini, akses internet sudah dapat ditemukan di mana-mana. Mulai dari kantor, sekolah, perpustakaan, bahkan pusat-pusat perbelanjaan, restoran, dan coffee shop juga sudah memiliki akses internet. Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia termasuk salah satu negara yang paling melek internet. Mulai dari kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung, maupun kota-kota yang lebih kecil seperti internet Klaten, Brebes, dan Pamanukan juga sudah hampir semuanya menggunakan internet.

internetSurvey dari Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang sangat pesat. Pada akhir tahun 2014, pengguna internet di seluruh Indonesia dicatat sebanyak 88.1 juta, peningkatan 23% dari jumlah pada tahun 2013 sebanyak 71.9 juta. Dari 88.1 juta pengguna internet ini, Jawa dan Bali mendominasi persebaran pengguna internet Indonesia sebanyak 52 juta, sekitar 59% dari jumlah total pengguna internet. Di daerah-daerah lain jumlah pengguna internet sangat beragam. Di Sumatera tercatat 18.6 juta pengguna internet, Sulawesi memiliki 7.3 juta pengguna, Kalimantan memiliki 4.2 juta pengguna internet, dan gabungan pengguna internet di Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara sebanyak 5.9 juta jiwa.

Dalam hal penetrasi internet terhadap jumlah penduduk, penduduk Sulawesi paling melek internet dengan 39% penduduknya yang sudah menggunakan internet, sementara gabungan Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua memiliki 35% penduduk yang melek internet. Jawa-Bali, Sumatera, dan Kalimantan memiliki masing-masing 35%, 34%, dan 28% penduduk yang melek internet.

Salah satu penggunaan internet yang paling populer di Indonesia adalah penggunaan untuk media sosial dan instant messaging seperti Line, KakaoTalk, dan WhatsApp. Sekitar 87% penggunaan internet orang Indonesia adalah untuk media sosial, sementara 60% digunakan untuk instant messaging. Penggunaan lain adalah untuk mencari informasi (69%) dan mencari berita (60%).

Internet dapat menjadi pengaruh baik dan buruk untuk masyarakat Indonesia, oleh karena itu kita sebaiknya selektif dalam memilih apa yang kita browse dan gunakan internet sebaik mungkin untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari baik itu untuk bekerja maupun belajar. (Dana)


TAGS artikel info


-

Author

Follow Me