Menentukan Perusahaan Asuransi Syariah Tepat

10 Jul 2015

Mulai banyak masyarakat, khususnya yang beragama Islam, yang beralih ke berbagai produk keuangan yang bersifat syariah. Hal ini disebabkan karena, mereka mulai merasa ragu mengenai kehalalan pengelolaan uang yang dilakukan bukan secara syariah. Bahkan, produk syariah ini tidak hanya diminati oleh masyarakat muslim saja, tetapi juga diminati oleh masyarakat umum. Asuransi Syariah, adalah salah satu produk syariah yang mulai banyak diminati oleh masyarakat saat ini.

asuransi syariahPerbedaan paling mendasar dari asuransi ini bila dibandingkan dengan asuransi konvensional yaitu terletak pada akad dan pengelolaan uangnya. Pada asuransi syariah, uang yang dibayarkan oleh peserta asuransi akan dikelola dengan cara yang sesuai dengan hukum islam. Bahkan, uang yang di investasikan pun hanya akan diinvestasikan pada perusahaan syariah. Karena itulah, banyak masyarakat yang merasa yakin bahwa dengan memilih asuransi syariah, mereka telah mengelola uangnya dengan cara yang tepat dan hal.

Namun, semakin banyaknya perusahaan asuransi konvensional yang juga mengeluarkan produk syariah membuat banyak yang mulai bingung untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat. Beberapa tips berikut ini, akan membantu Anda untuk menentukan perusahaan asuransi yang tepat:

Reputasi perusahaan
Ketika kita memilih produk asuransi syariah, tentulah kita menginginkan pengelolaan keuangan kita dengan cara yang halal. Karena itulah, kita harus memilih perusahaan asuransi yang benar-benar dapat kita percayai dalam hal pengelolaan keuangannya. Kita bisa mendapatkan informasi mengenai reputasi akad ini melalui internet, atau bertanya pada peserta asuransi lain yang kita kenal.

Pemahaman agen
Dengarkan baik-baik mengenai apapun yang dikatakan oleh agen asuransi, mengenai perjanjian, cara kerja, serta ilustrasi asuransi. Pastikan bahwa agen tersebut benar-benar memahami dengan baik pengelolaan uang secara syariah. Agen yang tidak faham mengenai produk yang dijualnya, akan menyulitkan Anda di kemudian hari ketika Anda menemukan suatu masalah.

Kejelasan Akad
Perhatikan dengan teliti isi yang tertuang dalam akad perjanjian. Pastikan bahwa seluruh isi akad sesuai dengan hal-hal yang telah diatur dalam hukum islam. Selain itu, tidak ada istilah dana hangus atau uang yang telah dibayarkan tidak akan dikembalikan ketika tidak terjadi risiko pada peserta asuransi. (Yv)


TAGS artikel info artikel asuransi


-

Author

Follow Me