Persiapkan hal Ini Untuk Hal Yang Lebih baik

17 Sep 2015

Mempersiapkan masa depan bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan untuk menggapai masa depan yang gemilang. Mulai dari menabung demi kehidupan yang lebih baik, mendaftarkan asuransi terbaik untuk diri sendiri dan calon anggota keluarga, dan juga melakukan investasi keuangan. Kita tahu masa depan adalah hal yang harus dipersiapkan sedemikian rupa sejak dini, namun sayangnya kita seringkali terjebak dalam pengaturan keuangan setiap bulan. Tidak jarang pengeluaran kita justru jauh lebih besar dibandingkan pendapatan kita. Jika sudah begini, lantas bagaimana caranya kita menabung untuk masa depan? Caranya adalah dengan mengatur rencana keuangan setiap bulannya. Simak tips sederhana di bawah ini untuk pengaturan keuangan yang efektif.

masa depan1. Hati-hati dengan pengeluaran dalam jumlah kecil. Biasanya, kita sangat terfokus dengan menyimpan uang dalam jumlah besar atau membeli sesuatu yang berharga sekian juta. Namun, kita seringnya tidak peduli dengan pengeluaran-pengeluaran dalam jumlah kecil yang sering kita abaikan. Padahal, pengeluaran kecil inilah yang sebenarnya berbahaya. Mengapa? Sebab karena kita tidak peduli, kita dengan ‘ringannya’ mengeluarkan uang sehingga tidak sadar bahwa pengeluaran kita sudah membengkak karena pembayaran-pembayaran dalam jumlah kecil tersebut.

2. Selalu fokus pada rencana masa depan. Mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang kita inginkan memang menyenangkan. Akan tetapi, jika kita terus mengikuti kata hati, bukan tidak mungkin jika pendapatan kita akan selalu habis tanpa sempat melakukan investasi masa depan. Ingat bahwa masa depan kita jauh lebih penting dibandingkan dengan kesenangan sesaat. Selalu berikan batasan, kapan kita harus memanjakan diri dan kapan kita harus mulai menabung.

3. Terapkan formula miliuner. Selalu ingat, jangan menyimpan dari apa yang tersisa tetapi gunakan yang tersisa setelah menabung. Setiap kali mendapatkan gaji, selalu bagi pendapatan kita dengan pos-pos yang berbeda seperti tabungan, investasi, dan juga asuransi. Setelah itu, baru habiskan sisanya untuk digunakan.

Jangan lupa untuk mengikuti tips-tips ini setiap bulannya secara kontinu, ya. Selamat menabung! (Tr)

 


TAGS asuransi terbaik masa depan


-

Author

Follow Me