Digital vs Offset Printing

7 Oct 2015

digital vs offsetUntuk keperluan promosi, informasi, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya, kadang kita harus mencetak materi promosi atau informasi tersebut menjadi bentuk fisik. Jika jumlah yang harus dicetak sedikit, maka desktop printing atau memakai printer biasa sudah cukup. Tetapi, apa yang harus dilakukan jika kita membutuhkan percetakan dalam jumlah banyak? Digital printing atau Jasa Offset Printing Jakarta dapat menjadi pilihan. Jasa percetakan digital dan jasa percetakan offset sudah dapat dengan mudah ditemukan di hampir semua kota, tetapi apakah yang membedakan antara dua tipe percetakan ini, dan apakah kelebihan dan kekurangan masing-masingnya?

Perbandingan antara percetakan digital dan percetakan offset dapat dirangkum ke dalam poin-poin seperti berikut:

Kuantitas

Percetakan offset, jika dalam jumlah kecil, memiliki harga per unit yang tinggi dan akan terus berkurang seiring bertambahnya jumlah hasil cetak. Percetakan digital lebih cocok untuk cetakan jumlah kecil, karena harga per unitnya yang lebih terjangkau.

Medium cetak

Apakah Anda membutuhkan cetakan di media tertentu atau memberikan finish tertentu di hasil cetak? Opsi yang ditawarkan offset lebih banyak, tetapi cetakan digital juga mulai menambahkan opsi-opsi lain.

Warna

Percetakan digital menggunakan proses pencetakan empat warna. Jika Anda hanya membutuhkan cetakan dengan tinta hitam atau hanya 1-2 warna, offset dapat memberikan harga yang lebih murah. Tetapi, jika Anda berniat menggunakan warna-warna Pantone, mencetak menggunakan offset lebih dianjurkan karena mereka menggunakan tinta Pantone asli. Percetakan digital menggunakan keempat warnanya untuk mengira-ngira warna Pantone, sehingga hasilnya mungkin kurang akurat.

Kecepatan cetak

Jika Anda membutuhkan hasil cetak yang cepat, maka cetak digital dapat menjadi pilihan yang tepat.

Proofing

Percetakan digital dapat memberikan sampel hasil akhir sebelum memulai proses cetak dengan murah, sementara sampel dari percetakan offset mungkin akan lebih mahal.

Dengan perbandingan-perbandingan ini, bisa dilihat baik percetakan digital maupun offset memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kebutuhan berbeda tentu memerlukan metode cetak yang berbeda, dan diharapkan perbandingan ini bisa membantu perusahaan untuk memilih metode cetak mana yang cocok untuk mereka. (Dana)


TAGS info bisnis


-

Author

Follow Me