Lancar Bergitar dengan Cepat

13 Oct 2015

latihan gitarSetelah mendengarkan lagu kesukaannya di berbagai media seperti TV atau radio, banyak orang yang tiba-tiba tertarik ingin belajar memainkan gitar akustik. Alasannya, karena mereka ingin bisa menyanyikan lagu favoritnya dengan diiringi gitar yang dimainkannya sendiri. Lalu, mengapa gitar yang banyak dipilih? Jawabannya mudah, karena dengan alat musik ini kita bisa memainkan beragam genre musik. Selain itu, alat musik ini merupakan salah satu alat musik yang sangat praktis dan mudah dibawa kemanapun.

Walaupun sudah banyak yang menguasai teknik bermain gitar dan kelihatannya sangat mudah untuk memainkannya, namun bagi para pemula memainkan gitar pastilah bukan hal yang mudah. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk memainkan dan menguasai teknik bermain alat musik ini, tips-tips berikut ini diharapkan dapat membantu:

  • Cobalah mulai dengan mencari video-video tutorial bermain gitar di internet dan menontonnya.
  • Pelajarilah bagian-bagian gitar dan cara kerjanya, agar Anda bisa lebih familiar dengan instrumen yang akan dimainkan.
  • Ajarilah diri untuk memainkan satu chord dengan beberapa cara. Ini akan melatih fleksibilitas ketika berpindah chord pada lagu-lagu yang bertempo lebih cepat.
  • Berlatihlah setidaknya setengah jam setiap hari. Biasanya, latihan yang pendek tetapi sering akan lebih efektif dibandingkan dengan latihan yang lama tetapi jarang,
  • Latihlah memainkan chord tanpa melihat, agar muscle memory terbangun dan Anda dapat memainkan gitar tanpa harus selalu melihat fret.
  • Walaupun terasa sedikit sakit pada awal memainkan gitar, cobalah untuk menahannya hingga jari mulai terbiasa dan menjadi kapalan. Kapalan ini dapat terbentuk dengan latihan gitar yang sering dan rutin.
  • Bangunlah otot pada tangan yang memegang fret dengan meremas bola tenis atau stress ball selama 5 menit, beberapa kali sehari.
  • Ketika Anda sudah mulai mahir bermain gitar, cobalah memasang lagu dan bermain gitar mengiringi lagu tersebut. Tidak usah langsung seluruh lagu jika belum yakin, cukup sebagian dari lagu tersebut juga sudah cukup.
  • Belajarlah untuk membaca notasi gitar. Baik itu tabs atau sheet music, kemampuan ini sangat penting jika Anda ingin memainkan lagu-lagu populer dengan gitar.

Selain hal-hal di atas, sesuatu yang tak kalah penting ketika mempelajari alat musik adalah kemauan dan komitmen. Jika kita benar-benar ingin untuk menjadi seperti musisi kesukaan, kita akan terus berlatih gitar dan tidak meninggalkannya ketika bosan.   (Dana)


TAGS latihan gitar main gitar


-

Author

Follow Me