Lebih Sehat Seraya Menikmati Alam

12 Nov 2015

Di zaman yang super sibuk ini, kita diharapkan tetap memiliki waktu untuk berolahraga. Daripada hanya bermalas-malasan dirumah, kita bisa memanfaatkan hari minggu untuk berolahraga, misalnya dengan bersepeda. Kegiatan ini pada dasarnya dapat dilakukan dimana saja, tapi pernahkah Anda bersepeda di daerah pegunungan yang memiliki jalan curam, di perbukitan? Atau di daerah pedalaman yang hanya memiliki jalan setapak? Daerah-daerah yang masih asri ini lebih direkomendasikan dari daerah perkotaan, selain karena udara dan nuansanya yang lebih segar, bersepeda di daerah seperti ini lebih lebih menyediakan tantangan. Sepeda macam apa kah yang sebaiknya anda gunakan pada jalur-jalur seperti diatas yang biasanya berkontur tidak rata dan terjal? Sepeda MTB, atau sepeda gunung adalah pilihan terbaik untuk aktifitas oudoor ini.

bersepedaDi zaman yang super sibuk ini, meluangkan waktu untuk berolahraga tetaplah hal yang harus dilakukan. Misalnya saja ketika hari minggu, daripada hanya bermalas-malasan di rumah atau bingung ingin melakukan apa, tidak ada salahnya jika Anda berolah raga dengan bersepeda. Kegiatan ini pada dasarnya bisa Anda lakukan dimanapun, misalnya hanya sekedar berkeliling kompleks perumahan atau berkeliling taman. Untuk lokasi seperti ini, Anda bisa menggunakan sepeda biasa ataupun sepeda MTB. Namun, Anda juga bisa melakukannya ditempat yang lebih menantang, seperti pegunungan yang memiliki jalur cukup curam, perbukitan, atau jalan setapak. Lokasi ini, bahkan lebih disarankan karena masih memiliki udara yang segar dan belum tercemar oleh polusi udara dari kendaraan bermotor. Namun, jika Anda tertarik untuk bersepeda di lokasi ini maka Anda tidak boleh menggunakan sepedabiasa, dan wajib menggunakan sepeda MTB (Mountain Bike).

Berbeda dengan sepeda biasa, Mountain Bike diperkuat dengan fitur-fitur khusus yang hanya dimiliki oleh MTB, seperti frame yang lebih kuat, suspensi untuk menahan getaran pada jalan-jalan yang tidak berkontur rata seperti jalan-jalan di pegunungan dan pedalaman pada umumnya, juga ban khusus off-road yang memiliki cengkraman lebih baik daripada sepeda biasa. Pada intinya, fitur-fitur khusus untuk menghadapi jalan-jalan terjal dan sulit, selain itu MTB pada umumnya juga memiliki rem yang lebih kuat dan gigi yang lebih rendah yang cocok untuk jalan-jalan menanjak dan curam.

Meski MTB adalah satu jenis dari bermacam-macam jenis sepeda, namun MTB sendiri memiliki beberapa sub-jenis yang dikategorikan dengan beberapa kategori, seperti landasan yang dilalui, ukuran diameter roda, dan berat frame.

Salah satu model MTB yang paling sering digunakan adalah model Cross Country (atau yang biasa disebut XC) karena lebih ringan (biasanya memiliki berat kurang dari 10kg) sehingga lebih efisien untuk dibawa-bawa. Untuk daerah yang lebih curam, para bikers diasarankan untuk memilih tipe All-Mountain (AM) yang memiliki frame yang lebih berat, sekitar 13kg-16kg, namun tentunya lebih kuat.Ukuran diameter roda masing-masing model juga berbeda, yang disesuaikan dengan kontur tanah yang akan dilalui, dan ukuran tubuh pengguna. (RR)


TAGS travel olahraga outdoor


-

Author

Follow Me